Ini Cikal Bakal Desa Cawang Lama Bengkulu

Infopublik.net -(BENGKULU)-Tokoh Masyarakat  Hermansa  SH
(75) berdomisili di desa Cawang  lama
kelurahan  Selupu  rejang  kabupaten  rejang Lebong provinsi Bengkulu menceritakan cikal bakal nama desa nama Desa Cawang Tinggi menjadi Cawang Lama  pada jaman penjajahan Belanda.
pada saat itu ada Seorang yang  bernama  ulubalang  jagok Setahun  kenapa dia di  bilang  jagok setahun  karena beliau jaga  setahun   dan  tidur  setahun lalu disekelilingannya lah  dengan duri – duri dan beralasan semak belukar , itu tujuan nya Supaya  Belanda  tidak Bisa  masuk ke dalam desa.”Kata Herman Sabtu (14/11/2020).
lalu  Belanda  menebarkan uang Receh  kedalam semak belukar agar  masarakat  tergiyur  untuk   mengambil Uang receh  yang ditebarkan oleh belanda  kedalam  belukar.
“Namun  masarakat kita tidak tahan dengan godaan uang yang ditebarkan oleh belanda ,masyarakat  langsung bertindak menebas belukar duri sampai selesai  untuk  mengambil uwang yang di serakkan  oleh belanda masarakat.”Ujarnya
Lanjutny ,sudah selesai menebas pada saat Itu ulubalang   jagok  setahun  sedang  tidur  Belanda   mengambil  kesempatan  untuk  menerang  ke desa lalu Penjaga. Jagok  setaun. Terkejut  bangun   langsung  menjerit  nusul Sungai  Musi  sampai. Kepalembang  kenegeri, Olos negeri  kubu  untuk mencari Raja nya  dengan Jeritan Jagok  setahun  teriging  lah desa. Muaro  sungsang  sekarang  ini Di Palembang demi Kiyan cerita   jaman. Jajahan  Belanda  semoga. Bermenfaat Untuk Kita semua.”Pungkas Hermansyah.
Laporan : Jon
Editor :Ade



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *