DPMK Tulang Bawang Monitoring ke Kampung.

Tulang Bawang¬† (SiekatTerkini.Com)Propinsi Lampung ”

Tingginya anggaran dana desa (DD) yang akan terus dikelolah oleh setiap desa saat ini, dengan demikian ini perlu juga kontrol sebagai pembinaan sebelum terjadi kesalahan dalam pelaporan keuangan mau bentuk Fisik pembangunan maupun fisik yang lain nya tidak terus terulang.

Oleh karena itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan kelurahan (DMPK) kabupaten Tulang Bawang melakukan Monitoring ke kampung-kampung.

Tepat nya di kampung Pasar Batang Kecamatan Penawar Aji,DPMK melakukan Monitoring. Rabu (07/04/2021).

Rombongan Monitoring Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung/kelurahan. yang di pimpin langsung oleh kepala Dinas DPMK Iyen Dahren.

Iyen Dahren mengatakan “Bahwa tugas utama dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung ini adalah terkait dana desa yaitu penyaluran dari rekening kas negara, ke rekening kas daerah dan dipindah bukukan dari rekening kas daerah, ke rek kas kampung.

Oleh karna itu dalam pengelolaan dana desa juga, pihaknya melakukan pembinaan kepada kepala kampung bersama aparatnya, agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.kata nya.

Iyen juga menjelaskan “bahwa terkait dengan mekanisme pemanfaatan dana desa, telah diatur dari pusat ke daerah oleh dua kementrian yaitu Kementrian Desa dan Transmigrasi serta Kementrian Keuangan,dimana setiap tahun regulasi disampaikan ke daerah. Dirinya juga menjelaskan bahwa dana desa digunakan untuk 4 bidang yaitu :

Bidang penyelenggaraan pemerintahan kampung,
Bidang pemberdayaan kampung,
Bidang pembangunan kampung, dan
Bidang pembinaan kemasyarakatan.Urai nya.

Ia menambahkan “dana desa ini di prioritaskan untuk 2 bidang yaitu pembangunan kampung dan pembinaan kemasyarakatan, yang dalam artinya harus sesuai kebutuhan masyarakat dan menyentuh¬† secara langsung ke pada kesejahteraan masyarakat kampung” papar nya.(red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *