Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023

TULANG BAWANG – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023, acara berlangsung di Islamic Center Menggala, Rabu (23/3).

Dalam acara Musrenbang yang bertema “Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur Menuju Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah”

Bupati Tulangbawang Winarti diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Anthoni dalam sambutannya mengatakan, berbagai persoalan yang dihadapi dalam pembangun daerah memerlukan manajemen pembangunan yang efektif, serta koordinasi dan kerjasama yang solid antara seluruh pihak yang terkait, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat, maupun swasta.

Lebih lanjut, Musrembang merupakan wadah bagi pelaku pembangunan dalam rangka menyusun suatu rancangan dan rencana yang kemudian dikembangkan menjadi suatu kegiatan atau kesepakatan.

Forum musrembang ini sangat Fundamental dan strategis, karena tantangan kedepannya yang dihadapi akan semakin berat dan kompleks.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap berkerja keras dan juga memastikan aktivitas yang direncanakan berjalan sesuai dengan rencana. Disamping itu, saya mengajak semua pihak untuk tetap berkomitmen membangun kabupaten Tulangbawang melalui 25 program unggulan BMW,” jelas Winarti yang diwakili Sekda kab Tulangbawang.

Ia menambahkan, dalam kerangka penyusunan RKPD Tahun 2023, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang menjadi prioritas pembangunan yaitu, penguatan ekonomi daerah dan penguatan daya saing daerah.

“Puncak beberapa bidang capaian prestasi bagi kabupaten Tulangbawang adalah diraihnya beberapa penghargaan seperti Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, Bupati inspirarif pembawa perubahan dari SKY Award, 4 penghargaan dari museum rekor Indonesia (MURI), kinerja Bupati terbaik tahun 2019, kabupaten peduli HAM, 3 kali sebagai pemerintah dengan capaian terbaik seprovinsi lampung dari KPK RI untuk program Monitoring Center for Prevention (MCP) dan sederet penghargaan lainnya,” papar Anthoni.

Sementara itu, Gubernur Lampung diwakili PLT Asisten II Lampung, Gusnardi menyampaikan, semoga kegiatan Musrenbang menjadi bukti bahwa senantiasa memantapkan skala prioritas pembangunan di Kabupaten Tulangbawang.

“Untuk tahun ini, skala prioritas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tulangbawang cukup besar, meliputi infrastruktur jalan, irigasi dan lain lain,” katanya.

Menurutnya, Tulangbawang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung yang paling penting, dan menjadi ketahanan pangan provinsi. Sehingga ini menjadi prioritas Provinsi untuk pemantapan infrastruktur.

“Dengan infrastruktur yang baik, maka produktifitas akan meningkat, sekarang saja dengan kondisi saat ini, Tulangbawang ternyata pertumbuhan ekonominya lebih capat bangkit, tingkat kemiskinan lebih rendah, IPM juga lebih baik. Ketika nanti kita suntik dengan investasi infrastruktur mudah – mudahan ini akan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya

Musrenbang dihadiri juga oleh, anggota Forkompimda, Pejabat pimpinan tinggi pratama, para Camat serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat. (ADv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *